You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Naik dari Halte E-Ticketing, Penumpang APTB Dikenakan Biaya Karcis Transjakarta.
photo doc - Beritajakarta.id

Pengelolaan APTB Akan Diambil Alih Transjakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menilai, ada kejanggalan dalam pemberian trayek Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB). Untuk itu, operasional APTB akan dihapuskan. Nantinya, pengelolaan APTB akan diserahkan kepada BUMD Transjakarta.

Iya mau dihapus. Habisnya dari dulu memang ada kesengajaan dari Dinas Perhubungan

Mantan Bupati Belitung Timur ini menuturkan, seharusnya Dishub DKI fokus dan konsentrasi pada pengelolaan Transjakarta saja. Dirinya juga mempertanyakan Dinas Perhubungan yang justru tidak pernah menambah jumlah Transjakarta tetapi justru mengadakan trayek APTB.

"Iya mau dihapus. Habisnya dari dulu memang ada kesengajaan dari Dinas Perhubungan, karena tidak pernah beli bus (Transjakarta), tidak pernah perluas Transjakarta. Tapi malah Dishub beri izin trayek kepada APTB. Harusnya teorinya tidak ada APTB. Teorinya itu kamu mesti memperpanjang jangkauan Transjakarta. Itu teori transportasi," kata Basuki, di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (15/8).

Jokowi Luncurkan APTB Rute Kalideres - Cikarang

Pihaknya, kata Basuki, mensinyalir adanya permainan di Dinas Perhubungan dalam pemberian trayek kepada APTB tersebut. Karena, untuk mengoperasikan Transjakarta, beberapa trayek reguler dihapuskan. Hal ini bertujuan meminimalisir kemacetan ibu kota. "Tahu tidak, Transjakarta itu setengah mati menggabungkan trayek bus yang lama atau menghilangkan trayek orang untuk diubah agar tidak macet. Bagaimana tiba-tiba diubah dan diciptakan APTB," ujarnya.

Ke depan, pengeloaan APTB akan diambil alih oleh BUMD Transjakarta. Nantinya sistem pembayaran sama dengan operator Transjakata lainnya, yakni dibayar dengan sistem rupiah per kilometer. "Nanti akan diintegrasikan dengan Transjakarta. Kita mau omongin dengan Transjakarta, secara bisnis to bisnis," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar menambahkan, pihaknya tidak akan menambah lagi trayek APTB. Bahkan, saat ini tengah dilakukan evaluasi terhadap keberadaan APTB. Trayek APTB di Jakarta saat ini berjumlah 12 rute. "Kita akan koordinasikan cepat. Kita berharap akan menggunakan sistem di Transjakarta juga," kata Akbar.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2646 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2269 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1879 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1419 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1220 personAnita Karyati